NAMAKU SETAN ( Part 4)

Cerita Campur - BABAT ALAS TRAWAS (Pembersihan Hutan Trawas,Jawa Timur)

Trawas adalah lembah yang diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Welirang dan gunung Penanggungan, bila anda menginap disini maka anda disuguhkan oleh keindahan alamnya, selain itu terdapat puluhan situs purbakala dari masa Mojopahit dan Airlangga yang menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa ini

Di awal dekade 80-an kawasan Trawas banyak diincar oleh orang2 kaya dan investor untuk dijadikan Villa,Rumah Peristirahatan,Hotel dll, dan dalam waktu kurun 20 tahun, sudah banyak Villa dan Hotel berdampingan, serta menjadi tujuan wisata banyak masyarakat, tetapi tahukah anda bahwa di tanah jawa tidak boleh sembarangan membangun sesuatu tanpa ijin dari penghuni2 yang tak kasat mata ?? berikut adalah kisah sekaligus kesaksian seorang pemilik Sound yang pada kala itu juga mengikuti ritual pembersihan Alas Trawas untuk dijadikan Hotel,berikut kisahnya..

Saya adalah seorang pemilik sound pada kala itu, kalau tidak salah kejadiannya sekitar Tahun 90an, dimana saat itu para developer berlomba2 untuk membangun villa,hotel dan rumah peristirahatan,seminggu sebelumnya saya telah ditelepon seseorang yang mengaku seorang developer, dan beliau berniat menyewa sound saya untuk sebuah acara pesta di trawas, saya pun segera mengiyakan karena pada hari tersebut memang jadwal sound saya sedang kosong, dengan berbekal 2 truck dan 3 orang pegawai kami pun berangkat menuju trawas

lokasi : Trawas
18.00 malam

sesampainya di trawas kamipun bertemu oleh salah seorang perwakilan dari sang developer, memang pada saat itu belum banyak villa dan hotel disana, hanya beberapa, lainnya hanya hutan belantara dan rumah2 penduduk warga asli sana, dan bisa ditebak kalau disana juga belum banyak lampu di jalan, jadi suasana memang cukup suram dan mencekam,dan saat itupun hujan turun gerimis dibalut dinginnya udara malam, 
saya sempat curiga, kenapa saya belum boleh memasuki daerah tempat pestanya, saya hanya bertemu salah seorang perwakilan dari developernya, dan saya diajak di suatu rumah makan kecil, disana kami pun berbincang bincang :

dv : developer | sy : saya 

dv : monggo pak, makan2 dan ngopi dulu
sy : loh bukannya biasanya kita turunin barang dulu pak?
dv : udah sampeyan2 makan dulu saja,lagian masih hujan gini, ayo silahkan dipesan
sy : iya pak (saya pun mengajak pegawai saya untuk makan juga)
(skip setelah kami makan, si developer pun bercerita sedikit kepada saya ttg kejadian semalam)
dv : tau nggak pak, pada saat saya kemarin mengecek para pekerja yang bekerja untuk membangun hotel disini, saya sempet shock, para pekerja saya, hampir semuanya kesurupan..!!,mereka bilang banyak pocong di sekeliling proyek bangunan, beberapa pegawai mencoba menghubungi saya untuk segera memberi bantuan, saya pun langsung ke lokasi dengan membawa seorang paranormal untuk menetralisir, paranormal itupun kesusahan mengatasi, karena sangat banyak gangguan2 yang dihadapin, dia bilang bahwa para penghuni gaib disini marah besar, "Ra onok sopane mbangun nang tanah iki" ("tidak ada sopannya mendirikan bangunan disini") tandas salah seorang pegawai yang kesurupan
sy : haaahhh..!! lalu bagaimana pak, apa keadaan sudah aman?
dv : nah itu pak, setelah mediasi,kata paranormal, ternyata mereka para penghuni gaib itu minta dibuatkan acara "Selametan" supaya mereka mau pindah, sampai sekarang masih ada pekerja kami yang masih kesurupan pak, saya kurung di salah satu kamar villa disini, saya sampai kewalahan
sy : lah kalau begini berarti acara pestanya ga jadi dong pak?
dv : maaf pak bukan acara pesta, tapi Ritual Pembersihan pak
sy : haaaaahhh..!! mksudnya sound saya disewa untuk acara ritual pembersihan makhluk gaib ?? 
dv : betul pak, saya minta maaf klo tidak confirm sebelumnya, karena kejadian ini juga kami tidak prediksikan
sy : lalu dimulai jam berapa acaranya pak ?(saya menghela nafas dan melihat ke arah pegawai2 saya yang mulai ketakutan) 
dv : kira2 kata sang paranormal sekitar pukul 11.00 tengah malam
kami pun menelan ludah dengan senyum kecut
dv : sudahlah pak tidak usah khawatir, nanti kami tambah 20% dari dana perjanjian di awal
(saya pun segera berunding dengan pegawai saya,dan apa boleh buat, kami sudah terlanjur datang jauh2 disini, saya pun menyetujuinya)
sy : baiklah pak kami bersedia
dan kami pun bersiap menuju ke TKP..

UPDATE

Lokasi : tempat pembangunan hotel Trawas
22.00 malam

didalam perjalanan saya hanya menengok kiri kanan,truck pun saya perintahkan untuk berjalan pelan2,karena bisa dibayangkan waktu itu kiri kanan hanya hutan dan semak belukar,adapun rumah penduduk asli disini,tapi penerangannya juga tidak cukup menerangi jalan,sebenarnya waktu itu ada juga perasaan untuk mundur saja dari kerjaan ini,tapi saya lihat pegawai saya kasian juga udah jauh2 dan capek2 disini
suasana jalan benar2 sepi waktu itu,ditambah human gerimis yang membuat suasana mencekam,saya hanya berdoa dalam hati semoga semua baik2 saja.
tak lama kemudian saya mendapati lokasi sudah dipenuhi banyak orang,banyak penduduk sudah ramai berkumpul

"tolong... tolong.. sudah 13 orang yang kerasukan..!!!" teriak seorang warga,
setelah kami memarkir truck,saya beranikan untuk ke tengah kerumunan ditemani 3 pegawai saya,dan benar saja kalau tidak salah ada 13 orang yang sedang menggeliat2 di tanah,ada yang berlagak seperti ular,seperti monyet,ada yang tertawa2 seperti kuntilanak,bahkan sampai ada yang menangis tersedu sedu

"hati2.. jangan ada yang melamun.." teriak salah seorang warga
tiba2 salah satu pegawai saya juga ikut kesurupan,
mengerang2,matanya melotot,seperti sedang marah,namun kami semua tidak tahu apa yang sedang mereka bicarakan,bahasanya aneh.. kami tidak mengerti,suasana sangat ngeri sekali
saya pun bergegas lari menemui sang developer yang juga sedang membantu memegangi salah seorang pegawai yang kesurupan dan dibantu oleh paranormal,saya tahu paranormal tersebut seperti kewalahan mengatasi banyaknya pegawai yang kesurupan,anehnya hanya pegawai proyek dan pegawai saya yang kesurupan,sedangkan orang asli sini tak ada yang kesurupan," pak gimana ini ? keadaanya sudah kacau begini,apa dibatalkan saja acaranya???" Tanya saya 

"tenang saja pak,orang saya sedang mediasi dengan penduduk setempat,memang salah kami,kami tidak membuat pembersihan dulu,kami langsung asal bangun saja" tandasnya dengan sedikit rasa menyesal
"ritual pembersihan harus dilaksanakan pak,kalau tidak makin banyak yang kesurupan,dan bisa2 kita pulang tidak selamat pak" imbuhnya
" baiklah pak asal bapak menjamin saya dan pegawai saya pulang dengan selamat" kata saya
"iya kami sedang mediasi dengan tetua disini,dan sebentar lagi beliau akan kemari" Katanya

23.00 malam

tak lama kemudian datanglah seorang yang sudah tua menemui sang developer,melihat keadaan tersebut,sang tetua desa tersebut marah besar kepada sang developer 
" apabila anda membangun sesuatu,apalagi di tanah jawa itu tidak sembarangan,para leluhur disini bisa marah besar..!!" katanya
" iya mbah saya benar2 minta maaf..saya benar2 tidak tahu adat tersebut,tolonglah mbah,apapun akan saya lakukan" kata sang developer
"apa saja ya.. sebentar saya akan mediasi dengan mereka" 
tak lama sang tetua itu pun duduk bersila dan memulai semedinya...,saya pun menunggu dengan rasa was2.. semoga malam ini kami semua selamat

tak lama kmudian sang tetua bangun dari semedinya dan berkata " mereka mau pindah asal permintaanya dipenuhi,mereka minta 8 tumpeng saja dan dipestakan,itu saja syaratnya" kata sang tetua
haaaahhh??? jam segini harus membuat 8 tumpeng??? tengah malam begini??? ini permuntaan yang tak masuk akal.. tapi apa boleh buat
sang developer pun merayu warga disini untuk membuat tumpeng seadanya saja,karena waktu yang tak memungkinkan,warga pun akhirnya bersedia membantu

saya langsung menuju tempat TKP pegawai yang kesurupan,tetua desa ini pun menuju kesana
sang paranormal yang dibantu tetua pun mulai menyadarkan satu persatu pegawai yang kesurupan,termasuk pegawai saya yang mulai siuman,tapi apa yang terjadi? saat mereka siuman dan tersadar,seekor ular yang sangat besar keluar dari semak2 persis dibawah para pegawai yang kesurupan,kalau tidak salah ada 6 ular yang keluar,kira2 sebesar paha orang dewasa,Dan ular2 itupun pergi ke semak belukar,saya sangat shock dan merinding,ritual pembersihan pun dilanjutkan ke bangunan proyek,tetua dan paranormal komat kamit,seperti berbicara dengan makhluk gaib,tak lama kemudian dari tanah proyek bangunan keluar kalajengking hitam sebesar telapak kaki orang dewasa,ada sekitar 10 kalau tidak salah,Dan para tetua mengingatkan untuk tidak memangkap hewan2 tersebut,tak lama kalajengking raksasa itupun pergi menghilang menuju semak belukar
benar2 kejadian yang baru pertama Kali saya lihat seumur hidup.



01.00 dini hari 

tinggal ritual terakhir yang akan dilakukan,tumpeng Sudah datang meskipun seadanya,ada 8 tumpeng yang dipersiapkan dimeja,plus 8 kyai yang didatangkan oleh sang developer
saya pun menyiapkan sound saya,dipanggung kecil yang Sudan dipersiapkan,warga pun berkumpul semua,Dan sebelum ritual dimulai,paranormal Dan kyai berpesan " apapun yang kamu lihat nanti,jangan sampai hilang kesadaran,yang tidak kuat melihat mending jangan melihat" Katanya

ritual pun dimulai,8 kyai duduk bersila,kami pun disuruh untuk tidak bersuara,semua warga terdiam,hening sekali pada saat itu,kami dan warga hanya diperbolehkan melihat dari jauh,jarak tumpeng dan kami berjarak sekitar 40-50 meter

suasana pun hening,tengah malam di semak belukar
tak lama kemudian dengan mata kepala saya sendiri saya melihat,seperti ada sesuatu yang keluar dari semak belukar,seperti orang biasa tetapi memakai pakaian jaman dulu,saya tak seberapa jelas,tubuhnya seperti transparant,saya Dan warga pun terbelalak melihat kejadian yang diluar nalar ini,kami melihat sosok astral,persis didepan kami,dan para Makhluk tersebut seperti memakan tumpeng yang telah disediakan,ada banyak sekali makhluk gaibnya,ada yang muncul Dari semak belukar,ada yang Dari pohon,tiba2 muncul begitu saja,entah datang darimana mereka,tidak ada ekspresi sama sekali,wajahnya pucat,Dan berpakaian seperti orang2 jaman dahulu,sangat mengerikan sekali,padahal suasana sangat hening,kami tidak boleh bersuara sama sekali

tak lama sang paranormal memberikan isyarat untuk menghidupkan sound saya
saya pun menghidupkan sound saya Dan memutar beberapa lagu,Dan benar saja mereka sang Makhluk gaib seperti berpesta pora,ada yang menari-nari,tertawa2 namun suara mereka tak terdengar
tak lama kmudian mereka pun pergi meninggalkan makanan,mereka menghilang ditengah semak belukar Dan pohon2 liar,kami pun boleh mendekati lokasi,Dan tumpeng2 yang tadi dibuat warga masih utuh,tak berkurang sedikitpun

03.00 dini hari
karena pekerjaan sudah selesai kamipun bergegas menaikkan sound ke truck yang Sudah disiapkan,namun ada yang aneh,pegawai saya ada yang hilang,saya cari kemana2 tidak ada,warga pun mencari ke lokasi juga nihil hasilnya,saya sampai putus asa dan meminta petunjuk kepada paranormal,dia berkata bahwa salah satu pegawai saya ada yang diambil oleh mereka,tetapi tenang saja ga lama dia akan dikembalikan,hanya sebagai isyarat saja,mgkin 2-3 hari sudah kembali,saya pun semakin khawatir,apa nanti dikembalikan dalam keadaan yang sama atau tiba2 sudah tak bernyawa..
saya pun akhirnya meninggalkan lokasi Dan pulang,mudah2an tidak terjadi apa2 dengan pegawai saya

2-3 hari saya balik kesana lagi Dan benar saja,pegawai saya sudah kembali seperti yang dijanjikan sang paranormal,entah pegawai saya seperti ling lung,dia mengaku diajak berpesta kala itu hingga tak sadarkan diri selama 3 hari,saya pun berterima kasih pada warga sekitar dan kami pun bergegas pulang..

kejadian ini mengingatkan saya bahwa tanah jawa memang masih kental dengan dunia mistisnya,kejadian ini saya alami di awal tahun 90an,pada saat pembangunan salah satu hotel terkenal di trawas,semoga bisa jadi pelajaran


EmoticonEmoticon